Kamis, 21 Juli 2011

FUNGSI SENI MUSIK BAGI KEHIDUPAN

oleh : muse_sic

Kehidupan manusia dari jaman pra sejarah hingga era infromasi seperti saat ini tak dapat lepas dari eksistensi kesenian sebagai sebuah media keindahan, hiburan, hingga media komunikasi yang cukup efektif.
Munculnya berbagai disiplin kesenian merupakan suatu cermin bagi perkembangan peradaban kebudayaan manusia, karena seni merupakan salah satu hasil budaya manusia.
Kesenian pun lahir dengan beragam ketegori yang kesemuanya dapat diangkap dan dinikmati oleh tiap indera ; seni gerak, seni musik, seni lukis, seni pahat, seni patung, seni peran, seni sastra, dsb. Dan kesemuanya memiliki fungsi dan peran yang berbeda bagi kehidupan manusia, namun juga memiliki sisi kesamaan.
Seni musik sebagai salah satu cabang seni, juga memiliki fungsi yang cukup penting bagi peradaban dan kehidupan manusia.
Seni musik bila ditinjau dari perannya sebgai media komunikasi, maka seni musik memiliki kesamaan fungsi dengan media komunikasi lainnya, seperti :
1. menghibur
2. mendidik
3. menginformasikan
4. kontrol social

seni musik memiliki fungsi sebagai media penghibur, merupakan fungsi yang paling mendasar dan paling diminati oleh umat manusia. Karena seni musik dapat menjadi media untuk menghilangkan rasa jenuh, kepenatan, dan perasan negative lainnya hingga dapat tersalur ke arah yang lebih positif.
Peran seni musik sebagai media pendidik dapat kita lihat dalam lirik-lirik lagu edukatif yang sering diajarkan oleh para guru TK dan SD di sekolah. Lagu-lagu seperti Pelangi dll dapat mengajarkan para siswa untuk dapat mengenali dan mengagumi kebesaran Tuhan atas ciptaannya. Hal tersebut merupakan salah satu contoh yang mudah kita temui.
Contoh lainnya dapat pula kita lihat dari lagu-lagu nasyid (baca : Religius Islami). Lagu-lagu nasyid secara eksplisit mengarahkan para pendengarnya kepada Sang Pencipta dengan alunan lagu dan rangkaian lirik yang indah dan memikat.
Salah satu lagu nasyid yang begitu terkenal adalah lagu Astaghfirullah dari Opick yang mampu mendidik para pendengarnya agar tidak lalai dalam menjalani kehidupannya.
Seni musik sebagai media informasi berarti memberi informasi tentang suatu hal kepada para pendengarnya. Media informasi ini tidak hanya tentang suatu peristiwa sebagaimana sebuah berita di koran dan televisi, melainkan juga informasi tentang kehidupan cinta, kehidupan sosial, kehidupan religi, politik, hukum, dan lain sebagainya.
Meskipun informasi yang disampaikan melalui seni musik tidak vulgar, dan umumnya tersampaikan secara kiasan, tapi hal itu justru dapat menjadi wadah tersendiri bagi para kaum intelektual yang ingin menyuarakan pemikiran dan isi hatinya di saat kaum penguasa melakukan represi terhadap media informasi formal.
Sebagai misal, lagu karya Iwan Fals yang berjudul Bento adalah suatu keinginan Iwan Fals dalam menginformasikan tentang penguasa yang lalim dan otoriter kepada para pendengarnya. Begitu juga lagu Pak Tua dari Elpamas yang bertema hampir sama.
Seni musik sebagai media kontrol sosial memang tak dapat disangkal. Masyarakat saat ini begitu menggandrungi dunia musik, media massa baik elektronik maupun cetak hampir setiap harinya menyajikan konser musik dan pemberitaan seputar dunia musik. Sehingga secara otomatis, seni musik merupakan media kontrol sosial atau media yang mampu mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat secara efektif.
Lirik lagu, aransemen musik, gaya musisi di atas panggung, hingga mode pakaian yang dikenakan para musisinya dapat menjadi trendsetter hingga ditiru oleh para penggemarnya.
Apakah seni musik yang disajikan dapat memberi pengaruh positif atau negatif bagi masyarakat? hal itu tergantung pada para musisinya.
Selain memiliki fungsi sebagaimana media komunikasi, seni musik juga memiliki fungsi dalam dunia kedokteran. Terbukti beberapa jenis musik dapat menjadi terapi yang efektif bagi penyembuhan seorang pasien, serta meningkatkan kecerdasan.
Musik klasik, merupakan salah satu contohnya. Musik klasik, terutama karya-karya Wolfgang Amadeus Mozart, dapat meningkatkan kecerdasan anak dan balita. Itulah sebabnya para pakar kedokteran menganjurkan bagi ibu hamil agar memperdengarkan musik klasik Mozart saat bayi masih berada dalam kandungan. Hal ini umumnya disebut sebagai pendidikan pre-Natal, atau pendidikan sebelum kelahiran.
Begitu beragamnya fungsi seni musik dalam kehidupan, sehingga para musisi sebaiknya dapat menciptakan karya-karya yang bermanfaat, tidak hanya mengatasnamakan komersialisasi atau sekedar media penghibur semata.
Apabila menilik dari hadits rasulullah SAW, “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” Maka penulis dapat menyimpulkan, “Sebaik-baik seni musik adalah musik yang paling bermanfaat bagi pendengarnya.” He..he.. 
Wallahu a’lamu bisshowaab

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar