Kamis, 21 Juli 2011

MUSISI, PENGAMAT MUSIK, DAN PENDENGAR

Oleh : muse_sic

Hasil karya seorang musisi akan diapresiasi oleh pengamat music dan pendengar, hal itu merupakan sesuatu yang lumrah dalam setiap munculnya karya music. Kehadiran seorang pengamat music dan pendengar bagi seorang musisi cukup penting. Karya music yang tidak dinikmati maupun diapresiasi oleh pendengar dan pengamat music akan menjadi sia-sia.
Hubungan yang terjalin antara musisi, pengamat music, dan pendengar adalah sebagaimana yang terjalin dalam hubungan komunikasi, di mana musisi berperan sebagai komunikator dan pengamat music serta pendengar berperan sebagai komunikan sekaligus sebagai penyampai feedback yang akan diterima oleh musisi.
Itulah sebabnya kajian tentang pengamat music dan pendengar juga merupakan sesuatu yang penting dalam pembahasan mengenai dunia music.

MUSISI DAN PENGAMAT MUSIK
Pengamat music sebagai seorang pendengar yang mengapresiasi karya music berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang music. Sehingga apresiasi yang dilakukannya terhadap sebuah karya musik benar-benar baik dan dapat dijadikan acuan.
Seorang pengamat music tidak harus berasal dari kaum musisi, ia dapat pula berasal dari orang-orang yang berkecimpung dalam karier lainnya tapi tetap berhubungan dengan dunia music. Misalnya, redaktur majalah musik. Meskipun ia hanyalah seorang redaktur majalah, namun majalah yang ditanganinya adalah majalah di bidang seni music. Sehingga secara otomatis redaktur tersebut akan bersinggungan dan berinteraksi dengan dunia music secara empiric maupun teoritis.
Contoh lainnya adalah penyiar radio. Seorang penyiar radio memang tidak berkecimpung dalam dunia music professional, namun selama ia melakukan tugasnya sebagai penyiar, ia akan selalu bersinggungan dan berinteraksi dengan karya-karya music dari berbagai jenis dan aliran.
Hiburan utama bagi sebuah stasiun radio adalah music, maka tidak heran bila kebanyakan dari stasiun radio professional mewajibkan para penyiarnya agar “Melek Musik” yang berarti dapat mengenal dan menilai beragam jenis music, serta perbendaharaan lagu—baik lagu lama hingga lagu yang up-to date. Sehingga tidak mengherankan bila seorang penyiar dapat mengapresiasi sebuah karya music dengan baik.
Seorang pengamat music dari berbagai kalangan tersebut, akan mampu memberikan kritik dan masukan terhadap sebuah karya music secara akurat. Mereka bahkan tidak hanya mengamati sebuah karya dari segi intrinsic, segi ekstrinsikpun juga tidak luput dari pengamatannya.
Oleh karena itu, para musisi—seharusnya— dapat berterima kasih kepada para pengamat music apabila karya mereka diapresiasi, karena kritikan dan masukan dari mereka merupakan sesuatu yang berharga bagi perkembangan kinerja mereka di dunia musik.

MUSISI DAN PENDENGAR

pendengar music bersifat heterogen, akan tetapi dapat dikategorikan menjadi 2 jenis :
1. Pendengar awam
2. Pendengar kompeten
Pendengar awam adalah para pendengar music yang berasal dari kalangan masyarakat yang masih awam terhadap dunia music. Mereka mendengarkan music umumnya hanya bertujuan untuk menikmati saja. Kalaupun mereka mencoba untuk mengapresiasi sebuah karya music, apresiasi mereka tidak atau kurang baik. Karena, sekali lagi, mereka tergolong awam dalam bidang music.
Pendengar awam biasanya lebih suka terhadap music-musik yang easy listening, musisi yang mereka kenalpun biasanya hanya musisi-musisi komersil. Sementara musisi-musisi non komersil, tidak atau sedikit saja yang mereka kenal.
Pendengar kompeten adalah kebalikan dari pendengar awam. Pendengar jenis ini umumnya berasal dari golongan yang berkaitan dengan dunia music, seperti : musisi (amatir&professional), murid dan pengajar sekolah music, pelanggan majalah music, awak media music, penyiar radio, wartawan entertainment, dsb.
Karena pendengar kompeten telah memiliki pengetahuan yang memadai dalam mengapresiasi sebuah karya music, sehingga tidak menutup kemungkinan pendengar jenis ini dapat menjadi pengamat music atau bahkan seorang musisi. Karena itu, apresiasi yang dilakukan pendengar jenis inipun sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar