Senin, 25 Juli 2011

musisi legendaris Andy Tielman

bila melihat sekilas wajah gitaris IndoRock, Andy Tielman, seperti wajah vokalis The Changcuters. musik yang mereka mainkan pun hampir mirip, namun zaman mereka berbeda. Andy di era 50an, sedangkan The Changcuters di era masa kini.
ANdy Tielman merupakan sosok yang brilian, legendaris sekaligus agak naif. hal ini dikarenakan kiprahnya di dunia musik era 50an memang mampu menembus pasar musik internasional, tapi ia justru tidak terlalu dikenali di negaranya sendiri. Bahkan hingga saat ini, hanya sedikit yang mengenali dan mengagumi gitaris jenius tersebut.
padahal, sumbangsihnya dalam perkembangan dunia musik dunia sangat berarti. ia adalah orang pertama yang memperkenalkan atraksi bergitar, yaitu suatu permainan gitar dengan berbagai tehnik hingga membuat penonton berdecak kagum. ia adalah gitaris pertama yang memperkenalkan tehnik tapping, ia juga gitaris pertama yang memperkenalkan permainan gitar di belakang punggung, serta tehnik-tehnik lainnya yang telah banyak dipakai oleh para gitaris di seluruh dunia.
sebagai rakyat Indonesia, seharusnya kita bangga dan memberi apresiasi yang tinggi terhadap gitaris jenius kita yang satu ini, seharusnya media massa lebih sering meliput gitaris ini sebagai tanda penghargaan mereka. seharusnya pemerintah juga mengapresiasi terhadap kiprahnya yang begitu berhgarga di tanah air, bahkan di dunia internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar